PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP DI TAMAN KANAK-KANAKAISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

FITRIANI (2022) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP DI TAMAN KANAK-KANAKAISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA.

[img] Text
sampul.docx

Download (1MB)
[img] Text
DATA FITRI.docx

Download (103kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (5MB)

Abstract

FITRIANI, 2013. Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Penerapan Metode Bercakap-cakap di Taman Kanak-kanak. Aisyiyah Bustanul Athfal Masamba Kabupaten Luwu Utara. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki, M.Si. dan Dr. Pattaufi, M.Si Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode bercakap-cakap dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Masamba Kabupaten Luwu Utara.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode bercakap-cakap dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-kanak Asyiyah Bustanul Athfal Masamba. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian adalah penerapan metode bercakap-cakap dan kemampuan berbicara anak. Subjek penelitian adalah 15 anak pada kelompok B2 dan seorang guru.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kemampuanberbicara pada anak meningkat melalui penerapan metode bercakap-cakap di mana anak dapat menjawab pertanyaan mengapa dan menjawab pertanyaan secara sederhana. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Masamba Kabupaten Luwu Utara.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:06
Last Modified: 24 Nov 2022 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25713

Actions (login required)

View Item View Item