MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE BERMAIN PUZZLE PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AL-FALAH PANASAE KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA

RINI MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE BERMAIN PUZZLE PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AL-FALAH PANASAE KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (213kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (71kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (97kB)
[img] Spreadsheet
RENCANA KEGIATAN HARIAN, RINI.xlsx

Download (169kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI.docx

Download (43kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITI12.docx

Download (224kB)
[img] Text
riwayat hidup skripsi .docx

Download (35kB)

Abstract

Rini. 2013. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Bermain Puzzle di Taman Kanak-Kanak Al-Falah Panasae Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program Studi PGPAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya Kemampuan Kognitif Anak. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan Kemampuan Anak Melalui Metode Bermain Puzzle di Taman Kanak-Kanak Al-Falah Panasae. Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan kulitatif dan jenis penelitian tidakan kelas yang terdiri dari 4 (empat) tahap yakni : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan Kognitif anak melalui metode bermain puzzle di Taman Kanak-kanak Al Falah Panasae Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan sebanyak 12 orang anak didik pada kelompok B. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil yang diperoleh yaitu pada siklus I belum terjadi peningkatan Kemampuan Kognitif anak didik di Taman Kanak-Kanak Al-Falah Panasae kelompok B dengan menggunakan metode bermain puzzle masih kurang karena masih ada anak yang belum mampu menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh dan menunjukkan kejanggalan suatu gambar . Pada Siklus II menunjukkan bahwa Kognitif anak didik di Taman Kanak-kanak Al-Falah Panasae kelompok B menggunakan metode bermain puzzle secara keseluruhan mengalami peningkatan yang baik atau berhasil terutama dalam hal kemampuan anak didik dalam meyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh dan menunjukkan kejanggalan suatu gambar sebanyak 11 orang. Aktifitas guru terhadap pembelajaran melalui metode bermain puzzle juga telah terlaksana dengan baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2022 05:45
Last Modified: 24 Nov 2022 05:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25711

Actions (login required)

View Item View Item