MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL AKSARA MELALUI KARTU HURUF BERGAMBAR PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA XX-12 KOTA PAREPARE

MARTHA (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL AKSARA MELALUI KARTU HURUF BERGAMBAR PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA XX-12 KOTA PAREPARE.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.docx

Download (61kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (46kB)
[img] Text
L A M P I R A N TERBARU.docx

Download (41kB)
[img] Text
RKH penelitian.docx

Download (214kB)
[img] Text
FOTO DOKUMENTASI.docx

Download (396kB)

Abstract

Martha. 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Aksara Melalui Kartu Huruf Bergambar Pada Anak di Taman Kanak-Kanak Kartika XX-12 Kota Parepare. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd., M.Pd. Program studi pendidikan guru pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal aksara melalui kartu huruf bergambar pada anak di TK Kartika XX-12 Kota Parepare..Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal aksara melalui kartu huruf bergambar pada anak di TK Kartika XX-12 Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (classroom Action Research). Subjek penelitian yaitu Taman Kanak-Kanak Kartika XX-12 Kota Parepare sebanyak 10 orang anak didik dan 1 orang guru. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tehnik observasi dan dokumentasi. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif.Adapun hasil masing-masing siklus, yakni pada siklus pertama hanya terdapat 5 anak didik meningkat dalam kemampuan mengenal aksara saat pembelajaran,namun setelah masuk siklus II telihat adanya peningkatan kemampuan anak dalam mengenal aksara, terdapat 9 anak didik berkembang sesuai harapan, yakni mampu mencapai semua indikator dalam RKH. Sehingga kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kemampuan mengenal aksara di Taman kanak-Kanak Kartika XX-12 dapat meningkat melalui penggunaan kartu huruf bergambar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2022 05:26
Last Modified: 24 Nov 2022 05:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25708

Actions (login required)

View Item View Item