DESKRIPSI PENANGANAN KESULITAN BERBICARADI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA KOTA MAKASSAR

ROSTIAH (2022) DESKRIPSI PENANGANAN KESULITAN BERBICARADI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR IS1 .docx

Download (23kB)
[img] Text
isi skripsi.docx

Download (62kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (145kB)

Abstract

Rostiah, 2012 Deskrips Penanganan Kesulitan Berbicara di Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar. Dibimbing oleh Drs. M. Anas Malik, M.Si dan Azizah Amal, S.S.,M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah bagaimana “Deskripsi penanganan kesulitan berbicara di Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar”. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana deskripsi penanganan yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan berbicara anak di Taman Kanak-kanak Andiya Makassar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif dengan pendekatan secara kualitatif. Subyek penelitian ini adalah satu orang guru yang mengajar dikolompok B2 Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar. Pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanganan kesulitan berbicara di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar yaitu menggunakan empat jenis metode pembelajaran yaitu guru menjadi model, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dikelas maupun diluar kelas. berbicara dengan perlahan-lahan dan mengucapkan artikulasi yang jelas, susunan kata harus jelas dan benar, memberikan kesempatan pada anak bercerita dalam kolompok kecil, misalnya anak diberi kesempatan berbicara mengenai cerita yang dibacakan oleh guru sebelumnya. Ini bertujuan untuk melatih keberanian anak berdiri dan berbicara didepan teman-temannya. Memotivasi anak untuk berbicara melalui kegiatan bermain dengar dan sampaikan, dengan melalui kegiatan bermain yang terbagi menjadi dua kolompok yang diberi nama yang berbeda dan diberi pesan yang berbeda kepada setiap anak yang mewakili kolompoknya untuk disampaikan kepada anggota kolompok lainnya, dan bimbingan guru. Guru memberikan bimbingan pada anak dengan cara, berbicara dengan posisi wajah guru dan wajah anak saling berhadapan dan bertatap muka agar anak dapat melihat gerak mulut guru ketika berbicara, percakapan antara guru dan anak memberikan kesempatan pada anak untuk berbicara dengan enak dan santai. Pelaksaan masing-masing metode tersebut di Taman Kanak-kanak Andiya Makassar telah diterapkan sesuai dengan aturan dasarnya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2022 05:15
Last Modified: 24 Nov 2022 05:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25706

Actions (login required)

View Item View Item