PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN JARI DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MASAMBA KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

DEWI SRI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN JARI DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MASAMBA KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (82kB)
[img] Text
Skripsi ISI Bab I-Bab V.docx

Download (272kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (57kB)
[img] Text
RKH.docx

Download (32kB)
[img] Text
Foto Dokumentasi Penelitian.docx

Download (551kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (42kB)

Abstract

Dewi Sri. 2013. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melukis Dengan Jari di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Masamba Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Skripsi Ini dibimbing oleh Dr. Parwoto, M. Pd dan Herman, S. Pd., M. Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah adalah bagaimana penerapan kegiatan melukis dengan jari dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Masamba Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan penerapan kegiatan melukis dengan jari dapat meningkatkan motorik halus yang baik di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Masamba Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dimana data akan dianalisis secara kualitatif dalam bentuk kata-kata. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Researsch) dan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi: Perencanaan, pelaksanaan tindakan, rekapitulasi dan refleksi yang dilakukan secara berulang. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Masamba Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara kelas B berjumlah 18 orang dengan 1 orang guru. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Permasalahan yang diambil yaitu bagaimanakah peningkatan motorik halus anak melalui melukis dengan jari di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Masamba Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik obesrvasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan melukis dengan jari dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Masamba Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Kemampuan yang dikembangkan pada motorik halus anak adalah melatih koordinasi dan kelenturan jari anak pada saat bergerak memainkan warna. Koordinasi yang cermat dilakukan pada saat anak meremas, menggenggam dan menggoyangkan jari-jarinya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:33
Last Modified: 24 Nov 2022 03:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25704

Actions (login required)

View Item View Item