PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN ANAK MELALUI CERITA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTNUL ATHFAL SUMBER WANGI KECAMATAN MAPPEDECENG KABUPATEN LUWU UTARA

RINI UMAMI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN ANAK MELALUI CERITA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTNUL ATHFAL SUMBER WANGI KECAMATAN MAPPEDECENG KABUPATEN LUWU UTARA.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (27kB)
[img] Text
Sampul skripsi.docx

Download (56kB)
[img] Text
Isi skripsi BAB I-BAB V.docx

Download (98kB)
[img] Text
Lampiran skripsi.docx

Download (1MB)
[img] Text
Rekapitulasi Siklus I dan Siklus II.docx

Download (20kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (3MB)

Abstract

RINI UMAMI 2012. Peningkatan Bahasa Lisan Anak melalui cerita bergambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Busthanul Athfal Sumber Wangi kecamatan mappedeceng kabupaten luwu utara. Sekripsi dibimbing oleh Drs.Firdaus Hasan,M.Si dan Azizah Amal,S.S,M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi Penelitian ini terdapat pada guru yang masih kurang dalam menerapkan cerita bergambar, dan kemampuan bahasa lisan anak masih kurang sehingga Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Kemampuan Bahasa Lisan anak dapat meningkat melalui cerita bergambar di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Busthanul Athfal Sumber Wangi Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu utara. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskrepsikan Cerita bergambar dalam meningkatkan Bahasa Lisan anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Busthanul Athfal Sumber Wangi Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Penelitian dilakukan melalui 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 1 orang Guru dan 16 anak didik yang terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi.Teknik pengumpulan data yang dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa lisan anak dapat meningkat melalui cerita bergambar, Hal ini dilihat pada siklus I di kategorikan kurang karena anak belum mampu mengulang kalimat yang telah didengarnya dan anak belum mampu menirukan kembali 4-5 urutan kata, Sedangkan pada siklus II dikategorikan baik karena anak mampu mengulang kalimat yang telah didengarnya dan anak mampu menirukan kembali 4-5 urutan kata, Kemampuan Bahasa Lisan Anak meningkat melalui Cerita Bergambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Busthanul Athfal Sumber Wangi Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:13
Last Modified: 24 Nov 2022 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25703

Actions (login required)

View Item View Item