MeningkatkanKemampuanMembacaPermulaanPadaAnakMelaluiPenggunaan Kartu Kata. Di Taman Kanak-Kanak LalloSarana lantang tallang Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara.

Lihati (2022) MeningkatkanKemampuanMembacaPermulaanPadaAnakMelaluiPenggunaan Kartu Kata. Di Taman Kanak-Kanak LalloSarana lantang tallang Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara.

[img] Text
kulit I.docx

Download (453kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (315kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.rtf

Download (166kB)
[img] Text
Format Observasi membaca permulaan dengan menggunakan kartu kata.docx

Download (139kB)

Abstract

Lihati,2013.MeningkatkanKemampuanMembacaPermulaanPadaAnakMelaluiPenggunaan Kartu Kata. Di Taman Kanak-Kanak LalloSarana lantang tallang Kecamatan Masamba KabupatenLuwu Utara. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Kartini Marzuki,M. SidanDr.Pattaufi. S. Pd,M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah ApakahKemampuan MembacaPermulaanPada Anakmelalui Penggunaan media KartuKata DiTaman kanak-kanak Lallo SaranaKecamatan masamba KabupatenLuwu Utara?Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahupeningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Pada AnakMelalui Penggunaan Kartu Kata Di Taman Kanak-kanak Lallo SaranaKecamatan Masamba KabupatenLuwu Utara. Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan pkualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Fokus melalui proses dengan menggunakan kartu kata berbentuk persegi panjang yang di lengkapi huruf dan kata-kata yang di kelompokkan, dalam meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada AnakMelalui Penggunaan Kartu Kata di Taman Kanak-kanak Lallo SaranaKecamatan Masamba KabupatenLuwu Utara dengan subjek penelitian 10 orang anak didik yang usianya 5-6 tahun dan seorang guru di kelompok B. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menujukkan bahwa pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak tapi belum optimal. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuanmembaca permulaananak karena indikator capaian membaca permulaan sudah tercapai ditandai dengan anaksudah mampumenghubungkan lambang dengan kata menurut simbol yang melambangkannya, anak mampu membaca kata sederhana , membedakan kata yang mempunyai suku kata awal yang sama, sertaaktivitas guru terhadap penggunaan kartu kata juga telah optimal.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:57
Last Modified: 24 Nov 2022 02:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25701

Actions (login required)

View Item View Item