PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING (MELUKIS DENGAN JARI DAN TANGAN) KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI PANAIKANG KOTA MAKASSAR

MAGHFIRAH (2022) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING (MELUKIS DENGAN JARI DAN TANGAN) KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI PANAIKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL acc.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB 1-4.docx

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
lampiran siklus 1 maghfira.docx

Download (36kB)
[img] Text
lampiran siklus 2 maghfira.docx

Download (38kB)
[img] Text
RKH SIKLUS 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
RKH SIKLUS 2.docx

Download (27kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (38kB)

Abstract

Maghfirah. 2012. Peningkatan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan finger painting (melukis dengan jari dan tangan) kelompok B di taman kanak-kanak Bhayangkari Panaikang. Skripsi. Di bimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said M.Si dan Dra. Nirmala, M.si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitiian ini adalah Bagaimanakah Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting (Melukis Dengan Jari dan Tangan) kelompok B di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Panaikang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Finger Painting (Melukis Dengan Jari Dan Tangan) Dikelompok B Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Panaikang Kota Makassar. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 16 anak didik terdiri dari 6 anak laki-laki dan 10 anak perempuan pada kelompok B dan 1 orang guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 (empat) yakni: Perncanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi dan teknik analisis data dalam Penelitian ini mengunakan teknik analasis data dengan cara mereduksi data kemudian mendisplay data tersebut dan akhirnya mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas anak didik di Taman Kanak-kanak Bhayangkari Panaikang dalam proses pembelajaran dapat dilakukan melalui kegiatan Finger Painting (melukis dengan jari dan tangan). Hal ini bisa dilihat dari hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik dimana seluruh anak didik pada Taman Kanak-kanak Bhayangkari Panaikang sudah berhasil meningkatkan kreativitasnya atau dengan kata lain kemampuan anak didik mengalami peningkatan kreativitas terutama dalam aspek 1) keluwesan, 2) keinginantahuan, 3) ketekunan, 4) kepercayaan diri dan 5) fantasi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2022 00:57
Last Modified: 24 Nov 2022 00:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25684

Actions (login required)

View Item View Item