PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI BERMAIN DENGAN BENDA-BENDA BERLABEL PADA KELOMPOK BERMAIN MULIA MAKASSAR

MASNAWIAH (2022) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI BERMAIN DENGAN BENDA-BENDA BERLABEL PADA KELOMPOK BERMAIN MULIA MAKASSAR.

[img] Text
01. SAMPUL.docx

Download (16kB)
[img] Text
03. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (13kB)
[img] Text
05. ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
04. PRAKATA.docx

Download (21kB)
[img] Text
06. DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
07. DAFTAR TABEL & GMBAR.docx

Download (15kB)
[img] Text
08. DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (12kB)
[img] Text
09. KATA KENANGAN.docx

Download (19kB)
[img] Text
10. BAB I.docx

Download (54kB)
[img] Text
11. BAB II.docx

Download (56kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
16. RENCANA INSTRUMEN PENELITIAN.docx

Download (39kB)
[img] Text
17. RKH (RENCANA KEGIATAN HARIAN).docx

Download (28kB)
[img]
Preview
Image
001.jpg

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Image
002.jpg

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Image
003.jpg

Download (227kB) | Preview

Abstract

MASNAWIAH, 2012. Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Bermain dengan Benda-benda Berlabel pada Kelompok Bermain Mulia Makassar Usia 5-6 Tahun Kecamatan Panakukang Kota Makasar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd. dan Dra. Hj. Nurhinda Bakkidu, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengembangan membaca permulaan melalui benda-benda berlabel di kelompok bermain Mulia dan apakah melalui bermain dengan benda-benda berlabel kemampuan membaca permulaan anak meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah menggunakan benda-benda berlabel dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan bagi kelompok bermain mulia usia 5-6 tahun. Subyek penelitian 11 orang anak yaitu 4 anak laki-laki dan 7 anak perempuan serta 1 orang guru. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 (empat) komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi kemudian data hasil observasi dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kemampuan membaca permulaan melalui bermain dengan benda-benda berlabel dilaksanakan dengan 1) menyebutkan symbol-simbol huruf yang dikenal, 2) membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama pada label yang berbeda, 3) mencari huruf yang sama pada label yang berbeda dan 4) meniru huruf / mencocokkan huruf dengan label. Dengan bermain benda-benda berlabel dapat menarik perhatian anak sehingga dapatmengembangkan kemampuan membaca permulaan anak dan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik karena benda-benda berlabel tersebut sering dijumpai di sekitar anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:55
Last Modified: 23 Nov 2022 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25680

Actions (login required)

View Item View Item