Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Kabupaten Soppeng,

Chaerayana (2022) Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Kabupaten Soppeng,.

[img] Text
SAMPUL 1.docx

Download (17kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.doc

Download (26kB)
[img] Text
pernyataan keaslian.doc

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRAK ii.doc

Download (29kB)
[img] Text
PRAKATA.doc

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR ISI cera.doc

Download (36kB)
[img] Text
SKRIPSI HERA YG PLING BETUL.rtf

Download (500kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA era.doc

Download (28kB)
[img] Text
Lampiran 3.format Ibservasi.docx

Download (12kB)
[img] Text
Lamp 5. hasil wawancara.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran 5.hasil observasi.docx

Download (18kB)
[img] Text
lampiran format wawancara.docx

Download (14kB)
[img] Text
FOTO PENELITIAN I.docx

Download (551kB)

Abstract

Chaerayana. 2012. “Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Kabupaten Soppeng, dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M. Pd dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan Metode bermain peran dalam meningkatkan kepercayaan diri anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Kabupaten Soppeng?”. Penelitian ini bertujuan “untuk mengetahui penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan kepercayaan diri anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Kabupaten Soppeng.”. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A yang berjumlah 15 orang anak dan satu orang guru. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi dan Dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan empat komponen kegiatan yang terdiri dari: Pengumpulan data. Penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan penerapan metode bermain peran kepercayaan diri anak meningkat. Hal ini terungkap melalui hasil observasi pada aktivitas belajar anak, selain itu tampak pada hasil belajar mengalami peningkatan terbukti dari target keberhasilan belajar yang mencapai target peningkatan yang signifigan. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa dengan penerapan metode bermain peran Kepercayaan Diri anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Pertiwi I Kabupaten Soppeng Meningkat..

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:18
Last Modified: 23 Nov 2022 06:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25675

Actions (login required)

View Item View Item