STRATEGI GURU DALAM MENANGANI PERILAKU HIPERAKTIF VERBAL (MENGUMPAT) PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI PANAIKANG MAKASSAR

NUR MEIDA FITRI (2022) STRATEGI GURU DALAM MENANGANI PERILAKU HIPERAKTIF VERBAL (MENGUMPAT) PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI PANAIKANG MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL HASIL PENELITIAN.docx

Download (28kB)
[img] Text
2. SAMPUL HALAMAN.docx

Download (26kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (14kB)
[img] Text
4. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (30kB)
[img] Text
6. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPS1.docx

Download (13kB)
[img] Text
5. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.docx

Download (22kB)
[img] Text
8. PRAKATA.docx

Download (22kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI SKRIPSI new.docx

Download (27kB)
[img] Text
11. DAFTAR TABEL.docx

Download (12kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.docx

Download (12kB)
[img] Text
13. STRATEGI GURU DALAM MENANGANI PERILAKU HIPERAKTIF VERBAL.doc

Download (133kB)
[img] Text
Fasilitas sekolah.docx

Download (16kB)
[img] Text
Gambaran Umum Lokasi Penelitian.docx

Download (14kB)
[img] Text
Identitas Sekolah dan Kepala Sekolah TK Bhayangkari Panaikan.doc

Download (15kB)
[img] Text
Kegiatan Ekstrakurikuler dan Data guru,karyawan Tk Bhayangka.doc

Download (15kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (13kB)

Abstract

NUR MEIDA FITRI, 2012. ”Strategi Guru Dalam Menangani Perilaku Hiperaktif Verbal Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Panaikang Makassar”. Skripsi di bawah bimbingan, Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si. dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Sebagai pembimbing I dan II. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui tentang strategi guru dalam menangani perilaku Hiperaktif Verbal pada anak. Dengan lokasi penelitian di Taman Kanak-kanak Bhayangkari Panaikang Makassar, Kelas B2. Pendekatan penelitian kualitatif digunakan adalah dengan spesifikasi penulisan yaitu penelitian deskriptif. Selain itu metode yang lainnya adalah teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan obsevasi partisipatif dan wawancara terhadap narasumber dan responden di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru adalah tindakan nyata dari guru atau praktek guru melaksanakan pengajaran melalui cara tertentu yang dinilai lebih efektif dan efisien. Perilaku itu sendiri merupakan sikap respons atau perbuatan seseorang. Perilaku itu dapat bersifat baik dan buruk. Contoh perilaku buruk adalah Hiperaktif Verbal yang dapat diartikan sebagai perbuatan yang disampaikan secara lisan oleh anak dan mengandung makna negatif secara moral dalam lingkungan sosial. Perilaku Hiperaktif Verbal terjadi karena karena lingkungan sosial yang kurang kondusif dan penerapan pendidikan yang kurang maksimal di lingkungan sekolah. Untuk mengatasi perilaku hiperaktif verbal pada anak di Taman kanak-Kanak maka perlu adanya strategi-strategi yang mampu meminimalisir perilaku anak yang memiliki perilaku hiperaktif verbal yaitu menciptakan suasana belajar dan bermain yang aman dan menyenangkan bagi anak, bersikap wajar dan adil terhadap semua anak, menyiapkan simbolisasi nilai, dan segera memberikan arahan ketika anak melakukan tindakan yang keliru. Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pembentukan karakter dan perilaku pada anak perlu ditanamkan sedini mungkin. Strategi pengajaran yang efisien dan efektif, serta kondisi lingkungan sosial yang kondusif merupakan hal yang vital dalam pembentukan karakter pada anak usia dini dan menjadi pendukung yang utama bagi kelancaran tugas seorang guru di Taman Kanak-Kanak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Nov 2022 05:56
Last Modified: 23 Nov 2022 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25673

Actions (login required)

View Item View Item