PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN DENGAN MEDIA ALAM DI TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN PELITA KASIH MAKASSAR

KARLINA KAMINE (2022) PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN DENGAN MEDIA ALAM DI TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN PELITA KASIH MAKASSAR.

[img] Text
sampul SKRIPSI.docx

Download (50kB)
[img] Text
isi SKRIPSI.docx

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (27kB)
[img] Text
RKH 1 baru.docx

Download (36kB)
[img] Text
RKH 2 baru.docx

Download (36kB)
[img] Text
Siklus I.docx

Download (69kB)
[img] Text
Siklus II.docx

Download (68kB)
[img] Text
FOTO_FOTO.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (49kB)

Abstract

Karlina Kamine 2012 Peningkatan Kreativitas Melalui Bermain Dengan Media Alam di Taman Kanak-Kanak Kristen Pelita Kasih Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Dra. Sitti Habibah, M.Si pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kreativitas melalui bermain dengan media alam anak di TK Kristen Pelita Kasih Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas anak melalui bermain dengan media alam di TK Kristen Pelita Kasih Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah peningkatan kreativitas anak dan penerapan metode bermain dengan media alam. Subjek penelitian adalah guru dan anak di kelompok B TK Kristen Pelita Kasih Makassar. Data penelitian ini merupakan data aktivitas mengajar guru dan belajar anak tentang kreativitas anak melalui kegiatan menggambar. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan belajar anak. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I kemampuan mengajar guru kategori cukup dan kemampuan belajar anak kategori kurang dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan penerapan metode bermain dengan media alam dapat meningkatkan kreativitas anak di Taman Kanak-Kanak Kristen Pelita Kasih Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Nov 2022 05:28
Last Modified: 23 Nov 2022 05:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25669

Actions (login required)

View Item View Item