PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN MAKRO DI TAMAN KANAK-KANAK AL-ABRAR KOTA MAKASSAR

USRIANTI UMAR (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN MAKRO DI TAMAN KANAK-KANAK AL-ABRAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul skripsi uci.docx

Download (51kB)
[img] Text
hasil penelitian.docx

Download (593kB)
[img] Text
skh.docx

Download (43kB)

Abstract

Usrianti Umar. 2012. Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bermain Peran Makro di Taman Kanak-Kanak Al-Abrar Makassar. Skripsi, Dibimbing oleh : (I) Dr.Parwoto, M.Pd, dan (II) Dra. Sitti Habibah, M.Si. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berbicara anak. Hal ini disebabkan karena guru jarang menggunakan metode pembelajaran yang tepat dalam mengajar terutama metode bermain peran makro. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bermain peran makro di TK Al-Abrar Makassar?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bermain peran makro di TK Al-Abrar Makassar. Subjek penelitian yaitu seorang guru dan 15 orang anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berbicara anak dan penerapan metode bermain peran makro. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan hasil dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran melalui metode bermain peran makro dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di TK Islam Al Abrar Alauddin Makassar. Hal ini ditandai dengan meningkatnya aktivitas belajar anak dengan kategori cukup pada siklus I kategori sangat baik pada siklus II, sedangkan aktivitas mengajar guru dikategorikan baik pada siklus I dan kategori sangat baik pada siklus II.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:39
Last Modified: 23 Nov 2022 03:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25665

Actions (login required)

View Item View Item