PENGARUH PENERAPAN MENDONGENG TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK FIRDAUS KECAMATAN TENETE RIATTANG KABUPATEN BONE

ST. RABIAH (2022) PENGARUH PENERAPAN MENDONGENG TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK FIRDAUS KECAMATAN TENETE RIATTANG KABUPATEN BONE.

[img] Text
Sampul depan.rtf

Download (1MB)
[img] Text
Isi.docx

Download (111kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (32kB)
[img] Spreadsheet
data.xlsx

Download (25kB)

Abstract

ST. RABIAH, 2012. Pengaruh Penerapan Mendongeng Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Taman Kanak-kanak Firdaus Kecamatan Tenete Riattang Kabupaten Bone. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd. dan Syamsuardi, S.Pd. M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan mendongeng dapat berpengaruh terhadap perilaku sosial anak di Taman Kanak-kanak Firdaus Kecamatan Tenete Riattang Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan mendongeng tehadap perilaku sosial pada anak di Taman Kanak-kanak Firdaus Kecamatan Tenete Riattang Kabupaten Bone. Penelitian adalah penelitian pre eksperimen yang bersifat komparatif yaitu membandingkan tingkat perilaku sosial anak antara sebelum dan setelah diberi penerapan mendongeng. Subjek penelitian adalah 15 anak (satu kelas). Teknik pengumpulan data penelitian one group pretest posttest design. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistic non parametric uji beda wilcoxon untuk uji beda tingkat kemampuan sosial anak sebelum dan setelah diberi penerapan mendongeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan mendongeng terhadap perilaku sosial anak di Taman Kanak-kanak Firdaus Kecamatan tenete Riattang Kabupaten Bone. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat perilaku sosial anak pada post tes memiliki skor lebih tinggi dibandingkan nilai pre test. Dengan demikian ada pengaruh penerapan mendongeng terhadap perilaku sosial anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:47
Last Modified: 23 Nov 2022 02:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25661

Actions (login required)

View Item View Item