NURLAILA (2022) PENGARUH BERMAIN PERAN TERHADAP PERILAKU EMOSIONAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK MATTIRODECENGKECAMATAN AWANGPONE KABUPATEN BONE.
Text
bgian depan.docx Download (40kB) |
|
Text
skripsi nurlaila.docx Download (95kB) |
|
Text
daftar pusaka.docx Download (18kB) |
|
Text
lampiran.docx Download (613kB) |
|
Spreadsheet
instrumen data.xlsx Download (24kB) |
|
Spreadsheet
RKH MALLARI.xlsx Download (25kB) |
Abstract
NURLAILA, 2012. Pengaruh Bermain Peran Terhadap Perilaku Emosional Anak di Taman Kanak-kanak Mattirodeceng Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd. dan Syamsuardi, S.Pd. M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode bermain peran akan berpengaruh terhadap perilaku emosional anak di Taman Kanak-kanak Mattirodeceng Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pra eksperimen yang bersifat komparatif yaitu membandingkan perilaku emosional anak antara sebelum dan setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menggunakan metode bermain peran akan berpengaruh terhadap perilaku emosional anak di Taman Kanak-kanak Mattirodeceng Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Subjek penelitian adalah berjumlah 15 orang anak (satu kelas). Dengan menggunakan desain penelitian one group pretest posttest design. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistic non parametric uji beda wilcoxon untuk uji beda perilaku emosi anak sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode bermain peran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap perilaku emosional anak di Taman Kanak-kanak Mattirodeceng Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Hal ini ditunjukkan dari skor penelitian dengan nilai perilaku emosi anak pada nilai post tes lebih besar dibandingkan nilai pre test. Dengan demikian direkomendasikan kepada semua TK untuk menggunakan metode bermain peran dalam membantu perilaku emosi anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 02:35 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 02:35 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25660 |
Actions (login required)
View Item |