PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUIMEDIA SEMPOA DI TAMAN KANAK–KANAK ISLAM AL–ABRAR KOTA MAKASSAR

Nurul Fajrin Amanda (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUIMEDIA SEMPOA DI TAMAN KANAK–KANAK ISLAM AL–ABRAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
skripsi.docx

Download (2MB)
[img] Text
SATUAN KEGIATAN HARIAN - Copy.docx

Download (44kB)

Abstract

Nurul Fajrin Amanda 2012. Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Sempoa di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Abrar Kota Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Drs. M.Bachtiar, M.Si dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd . Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji peningkatan kemampuan berhitung permulaan melalui media sempoa. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan berhitung permulaan melalui media sempoa pada anak Taman Kanak-Kanak Islam Al-Abrar Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan berhitung permulaan melalui media sempoa pada anak Taman Kanak-Kanak Islam Al-Abrar Kota Makassar. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas, Subjek penelitian adalah seluruh anak didik kelas B1 tahun pelajaran 2011-2012 sebanyak 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Prosedur penelitian yaitu Perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung permulaan pada anak melalui media sempoa dari yang tidak mampu menjadi mampu. Kemampuan anak berhitung pada siklus pertama dalam kategori cukup mampu pada kegiatan menyebut dan mengenal konsep bilangan 1-20, menyebutkan hasil penanmbahan bilangan sampai 20, mengurutkan bilangan 1-20 dengan sempoa dan menyebut hasil pengurangan bilangan sampai 20, kemudian kemampuan anak berhitung pada siklus kedua yaitu kategori mampu pada kegiatan menyebut dan mengenal konsep bilangan 1-20, mampu menyebutkan hasil penanmbahan bilangan sampai 20, mampu mengurutkan bilangan 1-20 dengan sempoa dan mampu menyebut hasil pengurangan bilangan sampai 20. Kemampuan berhitung permulaan dapat berkembang melalui penggunaan media sempoa dan juga didukung oleh aktivitas belajar anak, berupa keaktifan memperhatikan penjelasan guru, bertanya jawab dengan teman dan guru serta motivasi anak dalam kegiatan pembelajaran berhitung.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2022 06:54
Last Modified: 22 Nov 2022 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25653

Actions (login required)

View Item View Item