PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK DALAM METODE BERCERITA MELALUI GAMBAR SERI PADA TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI PANAIKANG KOTA MAKASSAR

INSAWATI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK DALAM METODE BERCERITA MELALUI GAMBAR SERI PADA TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI PANAIKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB I - 3.docx

Download (80kB)
[img] Text
RKH 1.docx

Download (28kB)
[img] Text
RKH 2.docx

Download (28kB)
[img] Text
siklus I.docx

Download (43kB)
[img] Text
siklus II.docx

Download (42kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (737kB)

Abstract

INSAWATI. 2012. Peningkatan kemampuan komunikasi anak dalam metode bercerita melalui gambar seri Di Taman Kanak-kanak Bhayangkari panaikang Kota Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Drs. Bachtiar, M.Si. dan Arifin Manggau S.Pd, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi anak di TK Bhayangkari panaikang makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan metode bercerita melalui gambar seri dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak pada anak didik kelompok B di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari panaikang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan metode bercerita melalui gambar seri dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak pada anak didik kelompok B di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari panaikangMakassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan anak di kelompok B TK Bhayangkari Panaikang. Fokus penelitian adalah 14 anak didik di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Panaikang Makassar dalam meningkatkan kemampuan komunikasi anak melalui metode bercerita melalui gambar seri. Data penelitian ini merupakan data aktivitas mengajar guru dan belajar anak tentang kemampuan komunikasi anak. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru maupun aktivitas belajar anak. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, dimana peneliti sebagai observer dan guru sebagai pengajar. siklus I kemampuan mengajar guru kategori cukup dan kemampuan belajar anak kategori kurang dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bercerita melalui gambar seri dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak pada anak didik kelompok B2 di TK Bhayangkari Panaikang Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2022 06:48
Last Modified: 22 Nov 2022 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25652

Actions (login required)

View Item View Item