POLA PENGASUHAN ORANG TUA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK (SD KELAS I) DI SD INPRES CILALLANG KECAMATAN RAPPOCINI KELURAHAN BUAKANA KOTAMADYA MAKASSAR

NURHASNI (2022) POLA PENGASUHAN ORANG TUA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK (SD KELAS I) DI SD INPRES CILALLANG KECAMATAN RAPPOCINI KELURAHAN BUAKANA KOTAMADYA MAKASSAR.

[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.docx

Download (67kB)
[img] Text
SKRIPSI PAUD.docx

Download (157kB)

Abstract

Nurhasni, 2012. Pola Pengasuhan Orang Tua dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Sosial Anak (SD Kelas I) di SD Inpres Cilallang. Dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Rusmayadi, S. Pd M. Pd, Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana pola pengasuhan orang tua (SD Kelas I) di SD Inpres Cilallang, 2) bagaimana dampak pola pengasuhan orang tua terhadap perkembangan perilaku sosial anak (SD Kelas I) di SD Inpres Cilallang. Tujuan penelitian ini difokuskan pada pola pengasuhan orang tua (SD Kelas I) di SD Inpres Cilallang dan bagaimana dampak pola pengasuhan orang tua terhadap perkembangan perilaku sosial anak (SD Kelas I) di SD Inpres Cilallang. Dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dimaksudkan untuk mengungkapkan gejala secara konseptual melalui pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah murid kelas IA dengan terdaftar pada tahun 2011-2012 yang berjumlah 7 orang. Kehadiran peneliti bertindak sebagai instrument utama dalam pengumpulan data. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Cilallang Kecamatan Rappocini Kelurahan Buakana Kotamadya Makassar. Sumber data dalam penelitian ini orang tua murid SD Kelas IA yang berjumlah 7 orang. Prosedur pengumpulan data dilakuakan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Data tersebut dianalisis secara sistematis dan ditempuh dengan proses mereduksi data ke dalam kategori-kategori yang sama, menyajikan data dan menyimpulkan data. Peneliti menggunakan tahap-tahap penelitian mulai dari tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Berdasarkan hasil penelitian deskriptif kualitatif ini, maka disimpulkan bahwa pola pengasuhan orang tua yang diterapkan oleh orang tua SD Inpres Cilallang adalah 1) pola pengasuhan demokratis, 2) pola pengasuhan otoriter, dan 3) pola pengasuhan permissif. Dampaknya bahwa perilaku anak yang diasuh dalam pola pengasuhan demokratis cenderung mempunyai perkembangan perilaku sosial yang positif, sedangkan anak yang diasuh dalam pola pengasuhan otoriter dan permissive cenderung mempunyai perkembangan perilaku sosial yang negatif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2022 06:38
Last Modified: 22 Nov 2022 06:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25650

Actions (login required)

View Item View Item