Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggambar Di Taman Kanak-Kanak Sipakalebbie Desa Sumaling Kecamatan Mare Kabupaten Bone.

HASNIATI RULA (2022) Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggambar Di Taman Kanak-Kanak Sipakalebbie Desa Sumaling Kecamatan Mare Kabupaten Bone.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (39kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (173kB)
[img] Text
SKRIPSI FINAL.docx

Download (80kB)
[img] Text
RKH.docx

Download (30kB)
[img] Text
HASIL OBSERVASI UNTUK ANAK.doc

Download (195kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIA5.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT.docx

Download (35kB)

Abstract

HASNIATI RULA, 2012. Skripsi, Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggambar Di Taman Kanak-Kanak Sipakalebbie Desa Sumaling Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Rusmayadi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar di Taman Kanak-Kanak Sipakalebbie Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengembangan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang menggambarkan pengembangan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar. Subjek penelitian 15 orang anak dan 1 orang guru. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan kemampuan motorik halus anak dapat dikembangkan melalui kegiatan menggambar dimana guru dapat mencapai lingkup perkembangan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menyusun, menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang dan bahan-bahan alami) dengan rapi, menggambar bebas dari bentuk dasar titik, lingkaran, segitiga dan segi empat serta menggambar orang lengkap dan proporsional melaui kegiatan tersebut anak dapat menggambar sesuai gagasannya, meniru bentuk, menggunakan alat tulis dengan benar, menempel gambar dengan tepat serta mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2022 06:26
Last Modified: 22 Nov 2022 06:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25648

Actions (login required)

View Item View Item