E L V I R A (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF DI TAMAN KANAK-KANAK BRATA UTAMA PAREPARE.
Text
SAMPUL SKRIPSI.docx Download (78kB) |
|
Text
Skripsi Penelitian.docx Download (3MB) |
|
Text
Format Observasi Kegiatan Guru.docx Download (70kB) |
|
Text
FOTO.docx Download (3MB) |
Abstract
Elvira, 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Huruf Di Taman Kanak-Kanak Brata Utama Parepare, dibimbing oleh Dra.Kartini Marzuki, M.Si dan Rusmayadi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makasaar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui permainan kartu huruf di Taman Kanak-Kanak Brata Utama Parepare ?. Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui permainan kartu huruf di Taman Kanak-Kanak Brata Utama Parepare”. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari persiapan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B1 yang berjumlah 10 orang anak. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan Dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan empat komponen kegiatan yang terdiri dari : Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kartu huruf peningkatan membaca permulaan anak di Taman Kanak-Kanak Brata Utama Parepare umumnya anak sudah mampu menyebutkan simbol-simbol huruf, mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya, menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama, dan memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf. Pada pelaksanaan siklus I pembelajaran I anak masih kurang dalam membaca permulaan melalui permainan kartu huruf hanya ada beberapa anak yang mampu melaksanakan kegiatan dengan baik. Pada pembelajaran II siklus I anak sudah memperlihatkan perubahan dari pembelajaran I dimana terdapat peningkatan dalam membaca permulaan. Dilanjutkan pembelajaran siklus II dilaksanakan perubahan yang dilihat cukup memuaskan dan mengalami peningkatan dari pembelajaran sebelumnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 06:05 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 06:07 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25642 |
Actions (login required)
View Item |