Peningkatan Kosakata Bahasa Jerman Melalui Penggunaan Media Cerita Pendek

Anding, Maria Febriona and Saud, Syukur and Rijal, Syamsu (2021) Peningkatan Kosakata Bahasa Jerman Melalui Penggunaan Media Cerita Pendek. INTERFERENCE Journal of Language, Literature,and Linguistics, 2 (1). pp. 57-63. ISSN E-ISSN: 2721-1835 P-ISSN: 2721-1827

[img] Text (artikel)
Peningkatan Kosakata Bahasa Jerman Melalui Penggunaan Media Cerita Pendek.pdf

Download (177kB)
[img] Text (peer reviewer)
Peer Review Peningkatan Kosakata Bahasa Jerman Melalui Penggunaan Media Cerita Pendek.pdf

Download (1MB)

Abstract

. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa kelas XII Akomodasi Perhotelan SMK Sta. Theresa Nangalili Kabupaten Manggarai Barat melalui media cerita pendek. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akomodasi Perhotelan yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari hasil tes penguasaan kosakata bahasa Jerman, siswa memperoleh nilai rata-rata 64,93 pada siklus I dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,67. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media cerita pendek pada pembelajaran dapat meningkatkan kosakata bahasa Jerman, serta sikap positif dan keaktifan siswa kelas XII Akomodasi Perhotelan SMK Sta. Theresa Nangalili Kabupaten Manggarai Barat. Kata Kunci: Peningkatan, Kosakata bahasa Jerman, Media Cerita Pendek

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Farid Sehuddin
Date Deposited: 22 Nov 2022 09:51
Last Modified: 03 Dec 2022 03:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25636

Actions (login required)

View Item View Item