MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR SERI DI TAMAN KANAK-KANAK KESAN GUPPI MAKASSAR

NURHAEDAH (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR SERI DI TAMAN KANAK-KANAK KESAN GUPPI MAKASSAR.

[img] Text
nurhaedah peng.docx

Download (62kB)
[img] Text
Nurhaedah6.docx

Download (129kB)
[img] Text
kisi nurhaedah.docx

Download (20kB)
[img] Text
lo nuhaedah.docx

Download (35kB)
[img] Text
po guru.docx

Download (25kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (13kB)

Abstract

NURHAEDAH. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Ekspresif Anak melalui Media Gambar Seri di Taman Kanak-Kanak Kesan Guppi Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. M. Bachtiar, M.Si dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah bagaimanakah meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif anak melalui media gambar seri di Taman Kanak-Kanak Kesan Guppi Makassar. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui media gambar seri di Taman Kanak-Kanak Kesan Guppi Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Tindakan yang diberikan berupa penerapan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan bahasa eskpresif pada anak di taman kanak-kanak. Unit analisisnya yaitu 10 orang anak kelompok B. Rencana tindakan sebanyak dua siklus, dimana masing-masing siklus berlangsung selama dua tahap. Teknik pengambilan data melalui observasi dan hasilnya diolah secara kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui media gambar seri dengan melihat rata-rata hasil belajar pada siklus I berada pada kategori masih memerlukan bimbingan dari guru mengalami peningkatan pada siklus II dengan berada pada kategori sangat baik. Aktivitas belajar anak juga mengalami peningkatan antaralain yang ditandai dengan kemampuan anak dalam menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah secara sederhana, menjawab pertanyaan tentang keterangan atau informasi secara sederhana, melaksanakan perintah yang disampaikan, mengucapkan kalimat, menceritakan pengalaman atau kejadian secara sederhana dan kemampuan menunjukkan sikap dan perasaan terpenuhi. Saran-saran yang diajukan antara lain kepada guru, hendaknya dapat lebih meningkatkan intensitas kegiatan dengan gambar seri dalam proses belajar di taman kanak-kanak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2022 05:23
Last Modified: 22 Nov 2022 05:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25628

Actions (login required)

View Item View Item