Penerapan Media Video Animasi dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman

Palimbong, Yunita Wulandari and Saud, Syukur and Saleh, Nurming (2021) Penerapan Media Video Animasi dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman. PHONOLOGIE Journal of Language and Literature, 2 (1). ISSN E-ISSN: 2721-1835 P-ISSN: 2721-1827

[img] Text (artikel)
Penerapan media video animasi dalam keterampilan menulis.pdf

Download (174kB)
[img] Text (peer reviewer)
Peer Review Penerapan Media Video Animasi dalam keetrampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses, dan hasil pembelajaran dengan menggunakan video animasi dalam keterampilan menulis karangan deskripsi bahasa Jerman siswa kelas XII SMAN 11 Makassar. Data penelitian ini terdiri atas dua jenis, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes keterampilan menulis siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis dengan persentase nilai yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai 65,71 dan siklus II mencapai 78,28. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran video animasi meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi bahasa Jerman siswa kelas XII SMA negeri 11 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Farid Sehuddin
Date Deposited: 22 Nov 2022 09:52
Last Modified: 03 Dec 2022 03:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25625

Actions (login required)

View Item View Item