MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PENERAPAN BERMAIN KARTU KATA DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BAHAGIA KOTA MAKASSAR

IRMAWATY (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PENERAPAN BERMAIN KARTU KATA DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BAHAGIA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul1.docx

Download (59kB)
[img] Text
Hasil Penelitian Irma.docx

Download (78kB)
[img] Text
1Lampiran.docx

Download (19kB)
[img] Text
2Hasil observasi guru.docx

Download (38kB)
[img] Text
3Lembar Observasi Anak.docx

Download (45kB)
[img] Text
4Rencana Kerja Harian.docx

Download (29kB)
[img] Text
5Foto Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
6Riwayat hidup.docx

Download (42kB)

Abstract

IRMAWATY, 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Penerapan Bermain Kartu Kata Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bahagia Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd. dan Drs. Nahrawi, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah pada penelitian ini yaitu bagaimanakah meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui penerapan bermain kartu kata di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bahagia Kota Makassar? Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui penerapan bermain kartu kata di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bahagia Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek pada penelitian ini adalah anak didik kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bahagia Kota Makassar yang berjumlah 20 anak dan 1 orang guru. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui penerapan bermain kartu kata di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bahagia Kota Makassar. Hal tersebut dapat dilihat pada pencapaian indikator kemampuan membaca permulaan mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu melalui bermain kartu kata, anak mampu mengeja suku kata dengan benar, anak dapat membaca suku kata dengan benar, anak mampu mengeja dengan tepat, anak mampu membaca kata dengan benar, dan anak mampu membaca kata yang terdiri dari 2 suku kata,

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:50
Last Modified: 22 Nov 2022 03:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25624

Actions (login required)

View Item View Item