Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Penerapan Metode Cerita Bergambar Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Rappokalling Makassar

LISMAWATI (2022) Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Penerapan Metode Cerita Bergambar Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Rappokalling Makassar.

[img] Text
Sampul1.docx

Download (56kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.docx

Download (12kB)
[img] Text
Hasil Penelitian PTK.rtf

Download (430kB)
[img] Text
Hasil observasi.docx

Download (21kB)
[img] Text
Rencana Kerja Harian New.docx

Download (36kB)
[img] Text
Rancangan Kegiatan Mingguan.docx

Download (16kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.doc

Download (32kB)

Abstract

LISMAWATI, 2012. Skripsi. Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Penerapan Metode Cerita Bergambar Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Rappokalling Makassar. Dibimbing oleh Drs. M. Bachtiar, M.Si. dan Arifin Manggau, S.Pd., M.Pd. Prodi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Fokus masalah pada penelitian ini yaitu apakah kemampuan berbahasa anak dapat berkembang melalui metode cerita bergambar di TK Aisyiyah Rappokalling Makassar? Tujuan penelitian untuk mengetahui pengembangan kemampuan berbahasa anak melalui metode cerita bergambar di TK Aisyiyah Rappokalling Makassar. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah anak didik kelompok A Taman Kanak-kanak Aisyiyah Rappokalling Makassar yang berjumlah 10 anak dan 1 orang guru. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini yaitu pengembangan kemampuan berbahasa anak melalui metode cerita bergambar di TK Aisyiyah Rappokalling Makassar hal ini dibuktikan pada kegiatan siklus I saat anak – anak mengalami kesulitan menceritakan kembali cerita secara urut, mengucapkan kata-kata dengan lafal yang benar, akan tetapi pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni anak sudah mampu dalam menceritakan kembali cerita secara urut, mengucapkan kata-kata dengan lafal yang benar. Hal ini disebabkan karena pemberian pemahaman dan motivasi yang senantiasa guru berikan kepada anak serta metode cerita bergambar yang merupakan kegiatan yang menyenangkan sambil belajar yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:24
Last Modified: 22 Nov 2022 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25622

Actions (login required)

View Item View Item