Kemampuan Pemahaman Lintas Budaya Dalam Pembelajaran Membaca Melalui Flipped Learning Model

saleh, nurming and Saud, Syukur and Nursalam, Nursalam (2019) Kemampuan Pemahaman Lintas Budaya Dalam Pembelajaran Membaca Melalui Flipped Learning Model. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LP2M UNM - 2019 “Peran Penelitian dalam Menunjang Percepatan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”. ISSN 978-623-7496-14-4

[img] Text (artikel)
Kemampuan Pemahaman Lintas Budaya Dalam Pembelajaran Membaca Melalui Flipped Learning Model.pdf

Download (630kB)
[img] Text (peer reviewer)
Peer Review Kemampuan Pemahaman Lintas Budaya dalam Pembelajaran Membaca Melalui Flipped Learning Model.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman lintas budaya dalam pembelajaran membaca melalui Flipped Learning Model (FLM). Belajar bahasa merupakan suatu usaha yang secara sadar dilakukan untuk meningkatkan kompetensi yang menjadi sasaran utama dari sebuah proses pembelajaran, namun secara tidak langsung pembelajar juga akan dikenalkan dengan budaya bahasa yang dupelajari. FLM merupakan salah satu model pembelajaran didaktik instruksional yang memiliki pilar pembalajaran budaya yang dikemas melalui impelementasi media teknologi digital yang akan memfasilitasi pembelajaran baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan pemahaman lintas budaya dalam pembelajaran membaca bahasa Jerman melalui FLM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang. Data dikumpulkan melalui catatan lapangan, observasi, wawancara dan tes kemampuan membaca untuk mengetahui pemahaman lintas budaya mahasiswa bahasa Jerman dan dianalisis secara kualitatif dan dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menujukkan bahwa FLM memiliki dampak yang signifikan terhadap antusiasme mahasiswa dalam pembelajaran membaca. Hal tersebut didukung oleh persentase kemampuan pemahaman lintas budaya sebesar 80,20%. Kata Kunci: Pemahaman Lintas Budaya, Membaca, Flipped Learning Model (FLM)

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Farid Sehuddin
Date Deposited: 22 Nov 2022 09:51
Last Modified: 03 Dec 2022 03:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25620

Actions (login required)

View Item View Item