Kemampuan Membaca Bahasa Mandarin Siswa Sekolah Dasar

Jumarni S, Jumarni S and Saud, Syukur and Sukmawaty, Sukmawaty (2020) Kemampuan Membaca Bahasa Mandarin Siswa Sekolah Dasar. NTERFERENCE Journal of Languange Literature, And Linguistics, 2 (1). pp. 42-48. ISSN E-ISSN: 2721-1835 P-ISSN: 2721-1827

[img] Text (artikel)
Kemampuan Membaca Bahasa.pdf

Download (894kB)
[img] Text (peer reviewer)
Peer Review Kemampuan Membaca Bahasa Mandarin Siswa Sekolah Dasar.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa membaca bahasa Mandarin (hanzi dan pinyin) dilihat dar intonasi, pelafalan, dan kelancaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Frater Makassar yang berjumlah 16 orang pada tahun 2020. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif. Analisis kuantitatif diperoleh melalui kegiatan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, kemampuan membaca bahasa Mandarin siswa kelas V SD Frater Makassar dari penilaian aspek intonasi, kelancaran, dan pelafalan, masih dalam kategori kurang dapat dilihat dari nilai skor keseluruhan siswa sebanyak 1000 dengan nilai rata-rata 62,5 dan nilai persentase 69,4 %, bahasa Indonesia/grammarahasa Indonesia mempengaruhi siswa dalam berbahasa Mandarin. Keywords: Membaca, bahasa Mandarin

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Farid Sehuddin
Date Deposited: 22 Nov 2022 09:52
Last Modified: 03 Dec 2022 03:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25618

Actions (login required)

View Item View Item