PENINGKATAN PENGETAHUAN SAINS MELALUI PERMAINAN EKSPERIMEN SEDERHANA PADA TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA WIRABUANA-33 KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE

ARNIATI ARIF (2022) PENINGKATAN PENGETAHUAN SAINS MELALUI PERMAINAN EKSPERIMEN SEDERHANA PADA TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA WIRABUANA-33 KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE.

[img] Text
sampul.doc

Download (40kB)
[img] Text
Daftar Isi, dkk.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB I-III.docx

Download (60kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (16kB)
[img] Spreadsheet
RKH.xlsx

Download (23kB)

Abstract

ARNIATI ARIF. 2012. Peningkatan Pengetahuan Sains Melalui Permainan Eksperimen Sederhana pada Taman Kanak-Kanak Kartika Wirabuana-33 Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Azisah Amal, S.S, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang Peningkatan Pengetahuan Sains Melalui Permainan Eksperimen Sederhana pada Taman Kanak-Kanak Kartika Wirabuana-33 Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Masalah utama dalam penelitian ini adalah: Apakah permainan eksperimen sederhana dapat meningkatkan pengetahuan sains anak di Taman Kanak-kanak Kartika Wirabuana-33 Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permainan eksperimen sederhana dapat meningkatkan pengetahuan sains anak di Taman Kanak-kanak Kartika Wirabuana-33 Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak didik pada kelompok B1 Taman kanak-kanak Kartika Wirabuana-33 Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian pada siklus awal pada kegiatan pengetahuan sains anak melalui permainan eksperimen sederhana berada pada kategori kurang untuk semua kegiatan dan hanya sedikit anak yang penilaiannya baik, setelah dilakukan penelitian tindakan pada anak dalam pengetahuan sains anak menunjukkan kategori yang baik dibandingkan dengan kegiatan pada tahapan siklus awal. Dari hasil penelitian tersebut siklus awal dan siklus II (siklus akhir) menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pengetahuan sains anak melalui permainan eskperimen sederhana.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:46
Last Modified: 22 Nov 2022 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25616

Actions (login required)

View Item View Item