eningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Bercerita Bergambar Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watan Soppeng,

Yuliana. (2022) eningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Bercerita Bergambar Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watan Soppeng,.

[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.doc

Download (31kB)
[img] Text
pernyataan keaslian yuli.doc

Download (28kB)
[img] Text
MOTTO PERSEMBAHAN.doc

Download (25kB)
[img] Text
ABSTRAK ii.doc

Download (30kB)
[img] Text
praktan yuli.doc

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR ISI yuliana.doc

Download (36kB)
[img] Text
SKRIPSI.doc

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA yul.doc

Download (27kB)
[img] Text
foto dokumentasi.doc

Download (1MB)

Abstract

Yuliana. 2011. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Bercerita Bergambar Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watan Soppeng, di bimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M. Pd dan Arifin Manggau, S. Pd, M. Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watan Soppeng melalui metode bercerita bergambar ?”. Penelitian ini bertujuan “untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watan Soppeng melalui metode bercerita bergambar”. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B3 yang berjumlah 10 orang anak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi dan Dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan tiga komponen kegiatan yang terdiri dari: Reduksi data, Penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bercerita bergambar kemampuan membaca permulaan anak kelompok B3 di Taman Kanak-kanak Pertiwi I Watan Soppeng meningkat. Hal ini terungkap melalui hasil observasi pada aktivitas belajar anak, selain itu tampak pada hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa B6 dengan melalui metode bercerita bergambar kemampuan membaca permulaan anak kelompok B3 di Taman Kanak-kanak Pertiwi I Watan Soppeng meningkat dengan baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:13
Last Modified: 22 Nov 2022 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25612

Actions (login required)

View Item View Item