PENGARUH KEGIATAN MENDONGENG TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PETTA PONGGAWAE KECAMATAN AWANGPONEKABUPATEN BONE

NORMA (2022) PENGARUH KEGIATAN MENDONGENG TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PETTA PONGGAWAE KECAMATAN AWANGPONEKABUPATEN BONE.

[img] Text
Lampiran Skripsi Pengaruh Kegiatan Mendongeng TK Petta Ponggawae Kec. Awangpone Kab. Bone.doc

Download (63kB)
[img] Text
Pengaruh Kegiatan Mendongeng Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak di TK Petta Ponggawae Kec. Awangpone Kab. Bone.doc

Download (210kB)

Abstract

NORMA, 2012. Skripsi. Pengaruh Kegiatan Mendongeng Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak di Taman Kanak-Kanak Petta Ponggawae Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani,M.Pd., dan Syamsuriadi, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah dengan kegiatan mendongeng berpengaruh terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak Petta Ponggawae Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Penelitian adalah penelitian pra eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest-Postest Design untuk membandingkan kemampuan bahasa ekspresif anak antara sebelum dan setelah diterapkannya pembelajaran melalui kegiatan mendongeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan kegiatan dongeng terhadap kemampuan bahasa ekspresif di Taman Kanak-Kanak Petta Ponggawae Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Subjek penelitian adalah 14 anak (satu kelas). Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistic non parametric uji beda Wilcoxon untuk n = 14 α0,05 = 21. Oleh karena T (0) < T0,05 (21), maka Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kegiatan mendongeng terhadap kemampuan bahasa ekspresi anak di Taman Kanak-Kanak Petta Ponggawae Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Hal ini menunjukkan bahwa nilai bahasa ekspresi pada posttes skor lebih tinggi dibandingkan nilai pretest. Dengan demikian, direkomendasikan kepada semua Taman Kanak-Kanak untuk menggunakan kegiatan dalam upaya meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:43
Last Modified: 21 Nov 2022 06:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25596

Actions (login required)

View Item View Item