PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN DI TAMAN KANAK-KANAK NURIL KHATIMAH KECAMATAN SIBULUE KABUPATEN BONE

SUBIATI (2022) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN DI TAMAN KANAK-KANAK NURIL KHATIMAH KECAMATAN SIBULUE KABUPATEN BONE.

[img] Text
sampul.docx

Download (56kB)
[img] Text
isi2.docx

Download (105kB)
[img] Text
Instrumen.docx

Download (32kB)

Abstract

SUBIATI. 2012. Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Anak di Taman Kanak-kanak Nuril Khatimah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Skripsi, ini dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd. dan Azizah Amal, S.S. M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode pemberian tugas akan berpengaruh terhadap kemampuan menulis permulaan pada anak di Taman Kanak-kanak Nuril Khatimah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain penelitian one group pretest and postest one group design dengan memberikan tes awal terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan pada anak kemudian diberi perlakuan dengan menerapkan metode pemberian tugas, setelah itu sampel diberikan tes akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode pemberian tugas terhadap kemampuan menulis permulaan anak di Taman Kanak-kanak Nuril Khatimah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Subjek penelitian adalah 12 orang anak. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistic non parametric dan menggunakan uji beda wilcoxon dengan kategori penilaian baik, cukup, dan kurang untuk menguji beda kemampuan bahasa menulis permulaan pada anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode pemberian tugas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pemberian tugas terhadap kemampuan menulis permulaan anak di Taman Kanak-kanak Nuril Khatimah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Hal ini ditunjukkan pafa nilai kemampuan menulis permulaan anak pada post tes skornya lebih tinggi dibandingkan nilai pre test. Dengan demikian direkomendasikan kepada semua Taman Kanak-kanak untuk menggunakan metode pemberian tugas dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:29
Last Modified: 21 Nov 2022 06:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25594

Actions (login required)

View Item View Item