PENGARUH BERMAIN BALOK TERHADAP KEMAMPUAN VISUAL-SPASIAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK NURIL KHATIMAH KECAMATAN SIBULUE KABUPATEN BONE

SURYANI KARLINA (2022) PENGARUH BERMAIN BALOK TERHADAP KEMAMPUAN VISUAL-SPASIAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK NURIL KHATIMAH KECAMATAN SIBULUE KABUPATEN BONE.

[img] Text
cover1.docx

Download (62kB)
[img] Spreadsheet
suryani karlina wilcoxon1.xlsx

Download (26kB)
[img] Text
PERBAIKAN SURYANI KARLINA1.docx

Download (92kB)
[img] Text
instrumen1.docx

Download (30kB)

Abstract

SURYANI KARLINA, 2012. Skripsi Pengaruh Bermain Balok Terhadap Kemampuan Visual-Spasial Anak Di Taman Kanak-kanak Nuril Khatimah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Pada penulisan skripsi dibimbing oleh Dr.Parwoto. M.Pd. dan Azizah Amal, S.S., M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji pengaruh bermain Balok terhadap kemampuan visual-spasial anak di Taman Kanak-kanak Nuril Khatimah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Rumusan masalah pada skripsi ini adalah: Apakah bermain balok berpengaruh terhadap kecerdasan visual-spasial anak di Taman Kanak-kanak Nuril Khatimah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Berdasarkan rumusan masalah maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menggunakan metode bermain balok berpengaruh terhadap kecerdasan visual-spasial anak di Taman Kanak-kanak Nuril Khatimah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 15 orang anak pada kelas B. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest and postest one group design dengan memberikan tes awal terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan visual-spasial pada anak kemudian diberi perlakuan metode bermain kreatif dengan media kertas, setelah itu sampel diberikan tes akhir. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari perlakuan metode bermain balok terhadap kemampuan visual-spasial anak. Hal ini dapat dilihat melalui hasil tahapan uji wilcoxon yang menunjukkan di mana T(-5) < T0,05(25) yang artinya H0 ditolak karena T(-5) lebih kecil daripada T0,05(25). Dengan ditolaknya H0 menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima yaitu adanya pengaruh bermain Balokterhadap kemampuan visual-spasial anak di Taman Kanak-kanak Nuril Khatimah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:22
Last Modified: 21 Nov 2022 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25592

Actions (login required)

View Item View Item