Pengaruh Penggunaan Kartu Gambar disertai Kata Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Pada Siswa Tunarungu Kelas V di SLB Negeri 1 Selayar

ZULFA AWALIA SYAM (2022) Pengaruh Penggunaan Kartu Gambar disertai Kata Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Pada Siswa Tunarungu Kelas V di SLB Negeri 1 Selayar.

[img] Text
PJE 2022 (ZULFA AWALIA SYAM).pdf

Download (516kB)
[img] Text
FIX SKRIPSI ZULFA AWALIA SYAM 1745042006 fix (3).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh penggunaan kartu gambar disertai kata terhadap kemampuan menyusun kalimat pada siswa Tunarungu kelas V di SLB Negeri 1 Selayar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan Menyusun Kalimat Pada Siswa Tunarungu. Adapun rumusan masalahnya yaitu “Bagaimana pengaruh penggunaan kartu gambar disertai kata berpengaruh terhadap kemampuan menyusun kalimat pada anak tunarungu kelas V di SLB Negeri 1 Selayar?”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa tunarungu kelas V di SLB Negeri 1 Selayar yang berinisial A. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Single Subject Research (SSR) yaitu memfokuskan pada data individu sebagai subjek penelitian dengan desain penelitian menggunakan A-B-A. Kesimpulan penelitian ini: 1) Kemampuan menyusun kalimat siswa tunarungu kelas V SLB Negeri 1 Selayar pada sesi (basaline 1(A1) nilainya dalam kategori kurang mampu. 2) Kemampuan menyusun kalimat siswa tunarungu Kelas V SLB Negeri 1 Selayar pada sesi intervensi (B) nilainya dalam kategori cukup mampu. 3) Kemampuan menyusun kalimat siswa tunarungu kelas V SLB Negeri 1 Selayar setelah intervensi(Basaline 2 (A2) nilainya dalam kategori mampu. 4) Peningkatan kemampuan menyusun kalimat siswa tunarungu kelas V SLB Negeri 1 Selayar berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum diberi perlakuan (Baseline1 (A1) nilainya dalam kategori kurang mampu, saat diberikan perlakuan (Intervensi (B) nilainya dalam culup mampu, dan setelah diberikan perlakuan (Baseline 2 (A2) nilainya dalam kategori mampu. Dengan demikian kemampuan Menyusun kalimat siswa tunarungu meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi (B) melalui media kartu gambar disertai kata. Kata Kunci: Kemampuan Menyusun Kalimat, media kartu gambar disertai kata

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:51
Last Modified: 21 Nov 2022 03:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25587

Actions (login required)

View Item View Item