IMPLEMENTASI BISINDO DALAM BERKOMUNIKASI PADA SESAMA ANAK TUNARUNGU

NISRIA NURUL MAGFIRAH NASIR, (2022) IMPLEMENTASI BISINDO DALAM BERKOMUNIKASI PADA SESAMA ANAK TUNARUNGU.

[img] Text
Jurnal Nisria Nurul Magfirah Nasir.pdf

Download (484kB)
[img] Text
Skripsi Nisria Nurul Magfirah Nasir.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari hambatan dalam kemampuan berbahasa isyarat dan mempengaruhi sosialisasi muri. Penelitian inimengkaji tentang implementasi BISINDO dalam berkomunikasi pada sesama murid Tunarungu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah implementasi BISINDO dalam berkomunikasi pada sesama anak Tunarungu di SLB Negeri 1 Gowa?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Untuk mengetahui kemampuan komunikasi melalui Implementasi BISINDO dalam Berkomunikasi pada Sesama Anak Tunarungu di SLB Negeri I Gowa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumetasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid Tunarungu kelas VI Di SLB Negeri 1 Gowa yang berinisial RG. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dan jenis penelitian Deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan adanya peningkatan sebelum diberikan perlakuan hasil tes murid masih rendah. Setelah diberikan perlakuan dengan, hasil tes akhir murid meningkat sangat tinggi . Kata Kunci: Kemampuan Mengenal komunikasi, Tunarungu, BISINDO.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:41
Last Modified: 21 Nov 2022 03:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25584

Actions (login required)

View Item View Item