PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK DEWI SARTIKA KECAMATAN SIBULUE KABUPATEN BONE

SAHARI BULAN (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK DEWI SARTIKA KECAMATAN SIBULUE KABUPATEN BONE.

[img] Text
Sampul.docx

Download (60kB)
[img] Text
Bab 1-3a.docx

Download (71kB)
[img] Text
Bab 4-DP.docx

Download (57kB)
[img] Text
Instrumen.docx

Download (43kB)
[img] Spreadsheet
sahari bulan.xlsx

Download (15kB)

Abstract

SAHARI BULAN, 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Dewi Sartika Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd. dan Azizah Amal, S.S. M.Pd. pada Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Yang menjadi fokus masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Dewi Sartika Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest and Posttest One Group Design dengan tujuan untuk membandingkan kemampuan membaca awal anak antara sebelum dan setelah diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Dewi Sartika Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Subjek penelitian adalah 18 orang anak. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistic non parametric uji beda wilcoxon untuk menguji kemampuan membaca awal anak sebelum dan setelah diberi perlakuan melalui kegiatan perlakuan model pembelajaran kooperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan membaca awal pada anak di taman kanak-kanak dewi sartika kecamatan sibulue kabupaten bone. Hal ini dikarenakan tingkat kemampuan membaca awal anak didik setelah diberi perlakuan meningkat dibandingkan dengan kemampuan anak sebelum diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:20
Last Modified: 21 Nov 2022 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25578

Actions (login required)

View Item View Item