SYARI BUNGA (2022) PENERAPAN METODE CERITA BERGAMBAR DALAMMENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENYIMAKANAK DI TAMAN KANAK-KANAK SYAHRAH KOTA PARE-PARE.
Text
SAMPUL.docx Download (35kB) |
|
Text
halaman depan.docx Download (88kB) |
|
Text
SKRIPSI TUTUP.doc Download (336kB) |
|
Text
LAMPIRAN.doc Download (270kB) |
|
Text
SATUAN KEGIATAN HARIAN.docx Download (41kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIA9.docx Download (534kB) |
|
Text
riwayat hidup.docx Download (317kB) |
Abstract
SYARI BUNGA, 2012. Penerapan Metode Cerita Bergambar Dalam Mengembangkan Kemampuan Menyimak Anak di Taman Kanak-Kanak Syahrah Kota Pare-Pare. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Herman, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah mengembangkan kemampuan menyimak melalui penerapan metode cerita bergambar anak di Taman Kanak-Kanak Syahrah Kota Pare-Pare. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan menyimak melalui penerapan metode cerita bergambar anak di Taman Kanak-Kanak Syahrah Kota Pare-Pare. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dengan empat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah mengacu pada metode cerita bergambar dalam mengembangkan kemampuan menyimak anak di Taman Kanak-Kanak Syahrah Kota Pare-Pare, indikatornya mencakup: mempunyai rentang perhatian yang cukup lama dalam mendengarkan cerita, mempunyai reaksi kreatif, dan mampu menceritakan kembali isi cerita dengan urut. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B1, sebanyak 16 orang yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data diolah dengan analisis kualitatif guna mendeskripsikan hasil penelitian yang diperoleh. Hasil penelitian yaitu kemampuan menyimak anak berkembang dengan menggunakan metode cerita bergambar di Taman Kanak-Kanak Syahrah Kota Pare-Pare. Kemampuan menyimak anak pada siklus I masih belum sesuai dengan yang diharapakan namun pada siklus II kemampuan menyimak anak berkembang sangat baik, dimana anak sudah dapat mengerti beberapa perintah secara bersamaan, mengulang kalimat yang lebik kompleks dan memahami aturan dalam suatu permainan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 02:12 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 02:12 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25576 |
Actions (login required)
View Item |