STUDI TENTANG PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI KELOMPOK BERMAIN PUSAT LAYANAN PAUD MELATI MAKASSAR

A. DIAN ANGGRENY. H (2022) STUDI TENTANG PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI KELOMPOK BERMAIN PUSAT LAYANAN PAUD MELATI MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (40kB)
[img] Text
skripsi final.doc

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (26kB)
[img] Text
HASIL WAWANCARA GURU anggi.doc

Download (49kB)
[img] Text
kisi-kisi instrument penelitian anggi.doc

Download (4MB)
[img] Text
HASIL WAWANCARA GURU anggi.doc

Download (49kB)
[img] Text
kisi-kisi instrument penelitian anggi.doc

Download (4MB)
[img] Text
DOKUMENTAS1.docx

Download (1MB)
[img] Text
lampiran.doc

Download (4MB)

Abstract

A. DIAN ANGGRENY. 2012. Studi Tentang Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Kelompok Bermain Pusat Layanan PAUD Melati Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki, M.Si dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah bagaimana perkembangan sosial emosisonal anak di Kelompok Bermain Pusat Layanan PAUD Melati Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak di Kelompok Bermain Pusat Layanan PAUD Melati Makassar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan 7 orang anak didik yang perkembangan sosial emosionalnya sangat berbeda dengan perkembangan sosial emosional anak didik lainnya Pusat Layanan PAUD Melati Makassar. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Anak didik di Kelompok Bermain Pusat Layanan PAUD Melati Makassar perkembangan sosial emosional anak didik secara berlahan-lahan sudah mulai dapat mengendalikan sosial emosionalnya dengan baik seperti, dapat kerja sama, kemurahan hati, sedih, takut, gembira, marah dan cemburu. Terlepas dari hal tersebut, perkembangan sosial emosional anak didik di Kelompok Bermain Pusat Layanan PAUD Melati Makassar masih membutuhkan pembinaan yang lebih intensif agar semua anak mampu memiliki perkembangan sosial emosional yang sama dan positif, karena perkembangan sosial emosional yang baik akan saling berkesinambungan dengan aspek-aspek perkembangan lainnya seperti kognitif, moral, bahasa sampai pada motorik. Oleh karena upaya-upaya pengembangannya wajib diberi dukungan oleh pihak-pihak yang berkompoten agar dalam pelaksanaannya bisa mencapai hasil yang maksimal. Adapun saran yang diajukan antaralain kepada orang tua agar dapat meningkatkan intensitas kerjasama dengan guru dalam hal pengembangan pengembangan sosial emosional agar pola pendidikan yang diterapkan dapat berkesinambungan dan hasilnya bisa lebih maksimal.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2022 01:55
Last Modified: 21 Nov 2022 01:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25573

Actions (login required)

View Item View Item