PENERAPAN KERJA KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN TIROANG KABUPATEN PINRANG

ST. NURIAH HADI (2022) PENERAPAN KERJA KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN TIROANG KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
sampul-ku.docx

Download (51kB)
[img] Text
isi.docx

Download (50kB)
[img] Text
nilai lampiran 1.docx

Download (39kB)
[img] Text
nilai lampiran 2.docx

Download (39kB)
[img] Text
Observasi Guru 1.docx

Download (17kB)
[img] Text
Observasi Guru 2.docx

Download (18kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (41kB)

Abstract

St. Nuriah Hadi 2012. Penerapan Kerja Kelompok Untuk Mengembangkan Perilaku Sosial Anak di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd masing-masing sebagai pembimbing I dan pembimbing II pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya perilaku sosial anak TK Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan kerja kelompok dapat mengembangkan perilaku sosial anak di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang?.. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan perilaku sosial anak melalui penerapan kerja kelompok di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1) kerja kelompok, dan 2) prilaku sosial. Subjek penelitian adalah guru dan anak di kelompok B Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan cara 1) menyelidiki data, 2) menyajikan data, dan 3) menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan belajar anak. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I aktivitas mengajar guru kategori baik dan kemampuan belajar anak kategori kurang dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan penerapan kerja kelompok dapat mengembangkan perilaku sosial anak di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2022 01:38
Last Modified: 21 Nov 2022 01:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25571

Actions (login required)

View Item View Item