PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI KARTU KATA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH I PARE-PARE

Y E N N I (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI KARTU KATA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH I PARE-PARE.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (35kB)
[img] Text
halaman depan.doc

Download (128kB)
[img] Text
SKRIPSI.doc

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
RKH BARU.docx

Download (42kB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (563kB)

Abstract

YENNI, 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Kartu Kata Bergambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah I Parepare. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Herman, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan pokok dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui kegiatan bermain kartu kata bergambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah I Pare-pare. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui kegiatan bermain kartu kata bergambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah I Pare-pare. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui kartu kata bergambar. Subjek penelitian adalah anak didik kelas B2 TK. Aisyiyah I Pare-pare, sebanyak 15 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak melalui media kartu kata bergambar dari kategori kurang mampu menjadi mampu. Kemampuan anak membaca permulaan pada siklus pertama dalam kategori cukup mampu pada kegiatan menyebut dan menunjuk gambar sederhana, cukup mampu menyebut dan menunjuk kata, cukup mampu menyebutkan kata sederhana dengan gambar yang melambangkannya, dan cukup mampu menghubungkan kata sederhana dengan gambar yang melambangkannya, kemudian kemampuan anak membaca permulaan pada siklus kedua yaitu dalam kategori mampu pada kegiatan menyebut dan menunjuk gambar sederhana, mampu menyebut dan menunjuk kata, mampu menyebutkan kata sederhana dengan gambar yang melambangkannya, dan mampu menghubungkan kata sederhana dengan gambar yang melambangkannya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2022 01:31
Last Modified: 21 Nov 2022 01:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25569

Actions (login required)

View Item View Item