PENINGKATAN PERILAKU AGAMA ANAK MELALUI KEGIATAN DONGENG PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATFAL PUNNIA KECAMATAN MATTIRO BULU KABUPATEN PINRANG

Jumriah (2022) PENINGKATAN PERILAKU AGAMA ANAK MELALUI KEGIATAN DONGENG PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATFAL PUNNIA KECAMATAN MATTIRO BULU KABUPATEN PINRANG.

[img] Other
JUMRIAH HALAMAN DEPAN

Download (64kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.doc

Download (50kB)
[img] Text
SKRIPSI JUMRIAH UNM.docx

Download (113kB)
[img] Text
JUMRIAH OBSERVASI.doc

Download (50kB)
[img] Text
KISI-KISI INSTRUMEN.doc

Download (55kB)
[img] Text
RKH.docx

Download (36kB)

Abstract

Jumriah. 2012. Peningkatan Perilaku Agama Anak melalui Kegiatan Dongeng Pada Anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Punnia Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra Sri Sofiani, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian adalah: Bagaimanakah mengembangkan perilaku agama melalui kegiatan dongeng pada anak di TK Aisyiyah Bustanul Atfal Punnia Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangkan prilaku agama anak melalui kegiatan dongeng pada anak di TK Aisyiyah Bustanul Atfal Punnia Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak didik sebanyak 20 Orang dan 1 orang guru. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengembangkan perilaku agama anak melalui kegiatan dongeng adalah dengan melaksanakan semua langkah-langkah pembelajaran kegiatan dongeng yaitu: 1) siapkan tema dan media pendidikan atau alat peraga, 2) atur suasana kelas agar anak didik merasa nyaman, 3) cerita harus urut dan sistematis, 4) cerita dibawakan dengan bahasa yang enak dan mudah dipahami anak, serta menarik, dan 5) meminta kepada anak untuk menceritakan kembali cerita yang telah disampaikan oleh guru dengan kata-katanya sendiri. Berdasarkan hasil refleksi siklus I, masih ada langkah-langkah pembelajaran yang belum dilaksanakan dengan baik oleh guru sehingga hasil belajar yang diperoleh anak kurang maksimal. Pada siklus II, semua langkah-langkah pembelajaran telah dilaksanakan oleh guru sehingga perilaku agama anak lebih baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2022 01:21
Last Modified: 21 Nov 2022 01:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25564

Actions (login required)

View Item View Item