Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Penggunaan Media Balok di Taman Kanak-kanak Al-Isra Kota Parepare

Suriati (2022) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Penggunaan Media Balok di Taman Kanak-kanak Al-Isra Kota Parepare.

[img] Text
Skripsi SURIATI.docx

Download (1MB)

Abstract

Suriati. 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Penggunaan Media Balok di Taman Kanak-kanak Al-Isra Kota Parepare. Skripsi dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki, M.Si selaku pembimbing pertama dan Rusmayadi, S.Pd.M.Pd sebagai pembimbing kedua. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Negeri Makassar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media balok dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka anak di TK. Al-Isra Kota Parepare. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, peningkatan penggunaan media balok dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka anak di TK. Al-Isra Kota Parepare. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di Taman kanak-kanak Al-Isra Kota Parepare. Subjek penelitian yaitu anak kelompok A dengan jumlah anak didik sebanyak 11 orang anak didik, terdiri dari 6 anak laki-laki dan 5 anak perempuan serta 1 orang guru. Pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus, tiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif mengenai kondisi atau aktivitas anak didik selama berlangsungnya kegiatan belajar. Hasil pada siklus I perkembangan kemampuan mengenal angka anak didik melalui penggunaan media balok masih berada pada kategori belum berkembang sedangkan pada siklus II perkembangan kemampuan mengenal angka anak didik melalui penggunaan media balok menunjukkan peningkatan yang signifikan, penilaian yang diperoleh anak didik berada pada kategori berkembang dan sudah berkembang. Dengan demikian media balok efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka di Taman Kanak-kanak Al-Isra Kota Parepare.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2022 01:10
Last Modified: 21 Nov 2022 01:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25563

Actions (login required)

View Item View Item