Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Midnjet Mindmanager pada Materi Plantae untuk Siswa Kelas X SMA

Arifuddin, Nur Ummu Pratiwi and Karim, Hilda and Adnan, Adnan (2019) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Midnjet Mindmanager pada Materi Plantae untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal Biology Teaching and Learning, 2 (1). pp. 27-33. ISSN 2621-5535

[img] Text (Dokumen)
Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Midnjet Mindmanager pada Materi Plantae untuk Siswa Kelas X SMA.pdf

Download (315kB)
[img] Text (Hasil Peer Review)
Hasil Peer Review Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Midnjet Mindmanager pada Materi Plantae untuk Siswa Kelas X SMA.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/10809/6424

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran berupa multimedia interaktif berbasis Mindjet MindManager yang menggabungkan beberapa media (yakni teks, gambar, video animasi dan kuis interaktif) untuk mata pelajaran biologi materi plantae atau dunia tumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Produk multimedia interaktif berbasis mindjet mindmanager yang dikembangkan menitikberatkan pada proses pembelajaran yang variatif dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk multimedia interaktif yang bersifat valid dan praktis. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa instrumen penilaian kevalidan dan kepraktisan. Hasil penilaian dari validator ahli menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan dan memperoleh nilai validitas 4,3 dengan presentase nilai 85% yang memenuhi standar kevalidan dan dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Guru dan peserta didik juga menunjukkan respon positif terhadap multimedia interaktif. Kepraktisan media diperoleh respon guru dengan nilai 94,2% dan respon peserta didik dengan nilai 87,9% (sangat praktis). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif yang dikembangkan bersifat valid dan praktis, serta layak untuk diterapkan dalam sistem pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: adnan
Date Deposited: 20 Nov 2022 08:51
Last Modified: 21 Nov 2022 08:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25554

Actions (login required)

View Item View Item