Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VIIA SMP YKPP Bontang

Afriani, Nelly and Adnan, Adnan and Sehalyana, Sehalyana (2022) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VIIA SMP YKPP Bontang. Jurnal Profesi Kependidikan, 3 (1). pp. 123-128. ISSN 2252-7559

[img] Text (Dokumen)
Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VIIA SMP YKPP Bontang.pdf

Download (147kB)
[img] Text (Hasil Peer Review)
Hasil Peer Review Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VIIA SMP YKPP Bontang.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/27518/13664

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIIA SMP YKPP Bontang. Masalah yang diselidiki adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli 2021 sampai dengan 14 Agustus 2021, bertempat di SMP YKPP Bontang Kota Bontang pada kelas VIIA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang terdiri dari 3 siklus, setiap siklus dilaksanakan selama sepuluh hari. Setiap siklus terdiri atas observasi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari data yang diperoleh di setiap siklus pembelajaran, persentase hasil belajar siswa bervariasi. Hasil analisis penilaian tiap siklus, dimana persentase ketuntasan mengalami peningkatan dari siklus I adalah 58,33%, pada siklus II menjadi .75,00%, dan pada siklus III menjadi 83,33%. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: adnan
Date Deposited: 20 Nov 2022 08:23
Last Modified: 21 Nov 2022 09:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25550

Actions (login required)

View Item View Item