PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI KARTU KATA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM BANDAR MADANI KOTA PAREPARE

H A S M A (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI KARTU KATA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM BANDAR MADANI KOTA PAREPARE.

[img] Text
saampul,srt ket.riwayat hidup.docx

Download (51kB)
[img] Text
Lampiran bnr.docx

Download (51kB)
[img] Text
USULAN PENELITIAN bnr.docx

Download (2MB)

Abstract

HASMA. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Kartu Kata Di Taman Kanak-kanak Islam Bandar Madani Kota Parepare, Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Herman, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Kartu Kata Di Taman Kanak-kanak Islam Bandar Madani Kota Parepare dan apakah kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman kanak-kanak Islam Bandar madani kota parepare. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui kartu kata di taman kanak-kanak islam bandar madani kota parepare. Pendekatan dan jenis ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ( PTK ). Fokus penelitian ini adalah Membaca Permulaan dan Kartu Kata. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik di Taman Kanak-kanak Islam Bandar Madani Kota Parepare, pada kelas B3 sebanyak 15 orang anak didik, yang terdiri dari laki-laki 8 orang dan perempuan 7 orang serta seorang guru. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahpan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: Kualitatif deskriptif. Hasil penelitian pada siklus II, kemampuan menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal mengalami peningkatan, untuk kategori baik yaitu : 9 anak didik, untuk kategori cukup yaitu: 5 anak didik dan untuk kategori kurang yaitu: tinggal 1 anak didik. Sedangkan untuk kemampuan mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya, setelah diadakan pertemuan II siklus II mengalami peningkatan yaitu: 8 anak didik yang ada pada kategori baik, untuk kategori cukup 6 anak didik dan untuk kategori kurang tinggal 1 orang anak didik. Untuk membedakan kata-kata yang mempunyai huruf awal dan akhiran yang sama, untuk kategori baik yaitu: 10 anak, untuk kategori cukup yaitu: 5 dan untuk kategori kurang yaitu: sudah tidak ada lagi. Sehingga dari siklus II mengalami peningkatan baik itu dalam menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya maupun membedakan kata-kata yang mempunyai huruf awal dan akhiran yang sama. Kesimpulan bahwa melalui kartu kata dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak Islam Bandar Madani Kota Parepare.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Nov 2022 07:33
Last Modified: 18 Nov 2022 07:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25539

Actions (login required)

View Item View Item