PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MEDIA ALAM DI TK KARTIKA WIRABUANA 45 KABUPATEN PINRANG

RUSNIATI HAMZAH (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MEDIA ALAM DI TK KARTIKA WIRABUANA 45 KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
sampul-ku.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB 1-3.docx

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
Ob Siklus I.docx

Download (31kB)
[img] Text
Ob Siklus II.docx

Download (30kB)
[img] Text
FOTO2.docx

Download (644kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (51kB)

Abstract

Rusniati Hamzah, 2012 Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Bermain Media Alam DI TK Kartika Wirabuana 45 Kabupaten Pinrang. Skripsi dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Herman, S.Pd. M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kegiatan bermain media alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus di TK Kartika Wirabuana 45 Kabupaten Pinrang?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan bermain media alam di TK Kartika Wirabuana 45 Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1) Bermain media alam dan 2) Kemampuan motorik halus. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 17 anak kelompok B TK Kartika Wirabuana 45 Kabupaten Pinrang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kemam puan motorik halus dalam pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar anak. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I aktivitas mengajar guru kategori cukup dan aktivitas belajar anak kategori cukup dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan kegiatan bermain media alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus di TK Kartika Wirabuana 45 Kabupaten Pinrang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Nov 2022 06:57
Last Modified: 18 Nov 2022 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25532

Actions (login required)

View Item View Item