ANALISIS HASIL UJIAN NASIONAL DALAM RANGKA PEMETAAN DAN PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI KABUPATEN BULUKUMBA DAN KEPULAUAN SELAYAR

Dollah, Syarifuddin and Umar, Ramli and Sudding, Sudding and Jumadi, Jumadi (2011) ANALISIS HASIL UJIAN NASIONAL DALAM RANGKA PEMETAAN DAN PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI KABUPATEN BULUKUMBA DAN KEPULAUAN SELAYAR. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Laporan Hasil Penelitian)
Laporan Penelitian Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan 2011.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review - Laporan Penelitian)
Peer Review - Laporan Penelitian Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan 2011.pdf - Published Version

Download (777kB) | Preview

Ringkasan: Penelitian ini berjudul Analisis Hasil Ujian Nasional dalam rangka Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan di Kabupaten Bulukumba dan Kepulauan Selayar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Seberapa besar tingkat pencapaian hasil mata Ujian Nasional SMA jurusan IPA (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Kimia) dan jurusan IPS (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi); tingkat pencapaian Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Standar Kompetensi Lulusan mata ujian Nasional; faktor-faktor yang menyebabkan ketidaktercapaian SK, KD dan SKL pada mata ujian Nasional, dan model peningkatan mutu pendidikan. Populasi penelitian ini adalah seluruh SMA di kabupaten Bulukumba dan Kepulauan Selayar, sedangkan sampel penelitian adalah beberapa SMA yang dipilih dengan teknik stratified purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi, wawancara dan Focus Group Discussion (FGD). Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa SKL yang bermasalah pada setiap mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional dari tahun 2008, 2009, dan 2010 untuk Kabupaten Bulukumba dan Kepulauan sifat variatif. Namun demikian ditemukan bahwa ada kecenderungan SKL yang bermasalah pada setiap mata pelajaran merupakan SKL yang memerlukan kemampuan dalam menginterpretasi, menganalisis, membaca (wacana), dan menyimpulkan berdasarkan bacaan. Faktor-faktor penyebab rendahnya nilai UN pada SKL tertentu, juga bervariasi. Faktor yang dapat disimpulkan dan lebih dominan menjadi penyebab rendahnya hasil ujian nasional yang pada gilirannya rendah mutu pendidikan adalah, (1). Pemahaman akan arti penting pendidikan bagi masyarakat (orang tua) siswa; (2). Pemerataan (terjadi penumpukan guru, baik jumlah maupun sesama bidang studi) di wilayah ibukota kabupaten; (3) penyediaan perangkat pembelajaran bagi guru-guru yang sesuai dengan SKL; (4). Kurangnya pembiasaan penyelesaian soal-soal ujian nasional yang sesuai SKL UN pada guru-guru; (5) penguasaan dan kedalaman materi bahan ajar bagi guru-guru; dan (6) kurangnya pengawasan, monitoring dan evaluasi bagi pengawas dan kepala sekolah. Model peningkatan mutu pendidikan yang dikembangkan berdasarkan hasil penelitian adalah model peningkatan mutu pendidikan dengan teknik School Review untuk Kabupaten Bulukumba dan Kepulauan Selayar.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Ujian Nasional, Pemetaan Kompetensi, Mutu Pendidikan
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: PAK Kepegawaian UNM
Date Deposited: 26 May 2017 03:58
Last Modified: 31 May 2017 04:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2553

Actions (login required)

View Item View Item