KEGIATAN BERMAIN MOTORIK HALUS SEBAGAI DASAR KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN DI TAMAN KANAK-KANAK PATTOLA PALALLO KECAMATAN CINA KABUPATEN BONE

ERMAWATI (2022) KEGIATAN BERMAIN MOTORIK HALUS SEBAGAI DASAR KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN DI TAMAN KANAK-KANAK PATTOLA PALALLO KECAMATAN CINA KABUPATEN BONE.

[img] Text
Sampul.docx

Download (87kB)
[img] Text
ermawati r (Repaired).docx

Download (122kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (73kB)
[img] Spreadsheet
ermawati.xlsx

Download (24kB)
[img] Text
Instrumen.docx

Download (25kB)

Abstract

ERMAWATI, 2012. Kegiatan Bermain Motorik Halus Sebagai Dasar Kemampuan Menulis Permulaan Anak Di Taman Kanak-Kanak Pattola Palallo Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Dalam pembuatan skripsi ini dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd. dan Azizah Amal, S.S. M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah kegiatan bermain motorik halus dengan media alam memberikan dasar kemampuan menulis permulaan anak di Taman Kanak-kanak Pattola Palallo Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Metode penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest and Posttest One Group Design dengan tujuan untuk membandingkan kemampuan menulis permulaan pada anak antara sebelum dan setelah diberi perlakuan bermain motorik halus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan bermain motorik halus dengan media alam terhadap kemampuan menulis permulaan anak di Taman Kanak-kanak Pattola Palallo Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Subjek penelitian adalah 11 anak. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistic non parametric uji beda wilcoxon untuk menguji kemampuan menulis permulaan anak sebelum dan setelah diberi perlakuan melalui kegiatan bermain motorik halus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh bermain motorik halus terhadap kemampuan menulis permulaan anak di Taman Kanak-kanak Pattola Palallo Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Hal ini dikarenakan tingkat kemampuan menulis permulaan anak didik setelah diberi perlakuan meningkat dibandingkan dengan kemampuan anak sebelum diberi perlakuan bermain motorik halus.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Nov 2022 06:16
Last Modified: 18 Nov 2022 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25526

Actions (login required)

View Item View Item