Kemampuan Seni Lukis Finger Painting Dalam Pengembangan Motorik Halus Anak Kelompok B2 TK Teratai Universitas Negeri Makassar.

Yuyun Sri Wahyuni (2022) Kemampuan Seni Lukis Finger Painting Dalam Pengembangan Motorik Halus Anak Kelompok B2 TK Teratai Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Skripsi Yuyun.rtf

Download (3MB)
[img] Text
KISI.rtf

Download (436kB)
[img] Text
SKH Skripsi.rtf

Download (265kB)
[img] Text
LAMPIRAN GAMBAR.docx

Download (4MB)

Abstract

Yuyun Sri Wahyuni 2012. Kemampuan Seni Lukis Finger Painting Dalam Pengembangan Motorik Halus Anak Kelompok B2 TK Teratai Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Pembimbing I, Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd dan Pembimbing II, Rusmayadi, S.Pd, M.Pd . Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Kemampuan Seni Lukis Finger Painting dalam Pengembangan Motorik Halus Anak di Kelompok B2 Taman Kanak-kanak Teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kemampuan anak dalam seni lukis finger painting. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Unit analisis adalah anak didik kelompok B2 dengan jumlah anak didik 20 orang. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Kemampuan Seni Lukis Finger Painting dalam motorik halus anak di kelompok B2 Taman Kanak-kanak Teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar dapat dikatakan bahwa melalui kegiatan seni lukis finger painting pada kegiatan finger painting mengenal warna, bentuk, sudah berkembang. Hal ini terlihat dalam kegiatan mencampur warna; anak dapat mengungkapkan hasil dari pencampuran warna yang dilakukan, bentuk-bentuk yang dibuat anak dengan menggunakan satu jari tangan, dua jari tangan, beberapa jari tangan dan semua jari tangan yaitu bentuk pagar, awan, lingkaran, bunga, rumah dan pohon. Anak mampu membuat bentuk yang dibuatnya dan anak dapat menyesuaikan warna-warna yang dihasilkan melalui goresan-goresan jari tangannya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Nov 2022 05:58
Last Modified: 18 Nov 2022 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25524

Actions (login required)

View Item View Item