PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN DI TAMAN KANAK-KANAK DUA PUTRA KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

IRMAWATI (2022) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN DI TAMAN KANAK-KANAK DUA PUTRA KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI ELSA.docx

Download (2MB)

Abstract

IRMAWATI, 2012. Pengembangan Kemampuan Sains melalui Metode Eksperimen Di Taman Kanak-kanak Dua Putra Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Dra.Hj.Nurhinda Bakkidu, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pengembangan kemampuan sains melalui metode eksperimen di Taman Kanak-kanak Dua Putra Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan kemampuan pembelajaran sains melalui metode eksperimen di Taman Kanak-kanak Dua Putra Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari empat komponen dalam setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh yaitu dengan metode eksperimen di Taman Kanak-kanak Dua Putra Kecamatan Biringkanaya kemampuan sains anak meningkatkan dimana pada siklus I pelaksanaan I dan II kemampuan anak Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, mengenal sebab akibat tentang lingkungannya (angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah), memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari, menceritakan tentang apa yang terjadi jika: benda-benda dimasukkan ke dalam air (terapung, melayang, tenggelam), dan menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik sudah mulai meningkat terlihat 10 anak meningkat sangat baik, 8 anak meningkat sesuai harapan, 2 anak mulai meningkat dan masih ada 2 orang anak belum meningkat. pada siklus II pelaksanaan I dan II kemampuan anak untuk Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, mengenal sebab akibat tentang lingkungannya (angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah), memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari, menceritakan tentang apa yang terjadi jika: benda-benda dimasukkan ke dalam air (terapung, melayang, tenggelam), dan menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik meningkat sesuai harapan sebnyak 10 anak dan meningkat sangat baik sebanyak 12 anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Nov 2022 05:52
Last Modified: 18 Nov 2022 05:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25523

Actions (login required)

View Item View Item