PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG ANAK PADA TAMAN KANAK-KANAK TERATAI MAKASSAR

Fitriah. (2022) PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG ANAK PADA TAMAN KANAK-KANAK TERATAI MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL.docx

Download (153kB)
[img] Text
3 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc

Download (28kB)
[img] Text
2 MOTTO PERSEMBAHAN.doc

Download (26kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.doc

Download (31kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.doc

Download (31kB)
[img] Text
7 BAB I-BAB III.doc

Download (163kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (32kB)
[img] Text
13 FOTO PENELITIAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
14 RIWAYAT HIDUP FITRIAH.doc

Download (130kB)

Abstract

Fitriah. 2012. Penerapan Permainan Tradisional Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Membilang Anak Pada Taman Kanak-Kanak Teratai Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, S.Pd, M.Pd dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penerapan Permainan Tradisional Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Membilang Anak Pada Taman Kanak-Kanak Teratai Makassar?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Membilang Anak Melalui Penerapan Permainan Tradisional Congklak Pada Taman Kanak-Kanak Teratai Makassar. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B yang berjmlah 10 orang anak didik dan satu orang guru. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi, analisis data yang digunakan terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan permainan tradisional congklak kemampuan membilang anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Teratai Makassar meningkat. Hal ini terungkap melalui hasil observasi pada aktivitas belajar anak., selain itu tampak pada hasil belajar kemampuan membilang mengalami peningkatan. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa dengan penerapan permainan tradisional congklak dapat meningkatkan kemampan membilang anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:28
Last Modified: 18 Nov 2022 02:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25516

Actions (login required)

View Item View Item